Profil Pendidikan
Anak
Miskin yang Terganjal Administrasi
Daya
tarik keberadaan pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal keagamaan dan
lembaga formalnya bagaikan mata uang yang tidak bisa dipiasahkan. Keduanya
memiliki peran dan daya dukung yang sangat penting dalam perkembangan dunia
pendidikan di Indonesia. Pondok
Pesantren Riyadlu As-Shalihin turut ambil bagian untuk mendirikan lembaga
formal, sebagai upaya menciptakan generasi yang berahlak baik.
Diawali
dari sebuah kepedulian dan keprihatinan sejumlah anak-anak miskin eks pengungsi
korban letusan Gunung Galunggung 1982 yang tidak bisa bersekolah. Bagi mereka
jangankan untuk bersekolah tinggi, duduk
di bangku sekolah dasar juga merupakan mimpi indah yang susah digapai. Sangat
paradox memang. Dikala pemerintah mencangankan program wajar
Dikdas 9 tahun, mereka harus terganjal oleh administrasi karena tidak memiliki
ijazah TK.
Untuk
bersekolah di SD Negeri jarak dekat, mereka tak mampu menunjukan Ijazah TK, bagi anak para
pengungsi ini jangankan sekolah TK yang serba bayar untuk memenuhi kebutuhan
rutinitas harian pun kelimpungan. Al hasil, hampir kadaluarsa.
Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Terpadu Cintaraja (MIS TERCINTA) berangkat dari keprihatinan
didirikan. Sekolah ini akan menjadi
cikal bakal dan semangat baru berdirinya
jenjang lembaga pendidkan yang lebih tinggi di bawah naungan Ponpes
Riyadlu As- Shalihin. MIS Tercinta menggunakan kurikulum yang diberlakukan oleh kemetrian pendidikan dan
kkementrian agama, merupakan pedoman untuk memberikan arah pada
pelaksanaan seluruh kegiatan proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan
oleh seluruh jajaran civitas MIS TERCINTA.
MIS
TERCINTA juga memadukan dengan kurikulum kepribadian. Kurikulum tersebut isinya
memuat soal pengajaran tentang sikap dan kepribadian seorang siswa yang baik
untuk dipraktekan atau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
TEMPAT
Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Terpadu Cintaraja, berlokasi di Kampung Gandrung Desa
Cintaraja Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, letaknya kurang lebih
hanya 50 meter dari jalan Provinsi atau tepatnya Jalan Tasikmalaya- Singaparna.
Letak ini tentunya sangat strategis untuk mengembangkan lembaga pendidikan
terlebih lokasinya mudah dijangkau dan dicari karena letaknya di depan Kantor
Dinas Perhubungan Kab. Tasikmalaya.
FASILITAS
Ruang belajar yang representatif, kokoh dan masih baru, sehingga memberikan keamanan dan
kenyaman bagi siswa untuuk belajar dan mengajar. Tanpa harus was-was ruangan
tersebut akan runtuk karena lapuk di makan usia. Sellain itu ada ruang guru dan
ruang perpustakaan. Selain itu Madrasah
Ibtidaiyah Terpadu Cintaraja telah
memiliki Masjid, MCK, Perpustakaan dan
tanah untuk pengembangan ke depan.
Untuk
fasilitas sebagai alat pendukung pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Terpadu Cintaraja telah memiliki CD dan
DVD pembelajaran terbaru, buku-buku perpustakaan, alat peraga pendidikan dan lapangan olah raga, bola volli, tenis
meja, drum band, karawitan, serta komputer. Para siswa menerima fasilitas yang
terus dilengkapi itu, tanpa harus berfikir soal iuran di sekolah, karena
semuanya bisa didapatkan dengan serba gratis. Bahkan kami juga telah bertahun-tahun menyediakan
angkutan siswa gratis. Dan, bagi siswa yatim kami menyediakan santunan di
setiap hari besar islam (**)
0 komentar
Silahkan Beri Komentar Saudara...